• (061) 888 073 66
  • Jl. Al Falah No. 26 B Kel. Sukamaju, Kec. Medan Johor - Medan 20146

Cara memeriksa kesehatan baterai di smartphone android

Seiring waktu performa baterai smartphone akan semakin menurun. Setelah beberapa tahun, baterai tidak akan mengisi daya sebanyak yang dilakukan saat masih baru. Oleh karena itu, penting untuk terus menjaga kesehatan baterai smartphone sebaik mungkin. Pada dasarnya, pemilik smartphone dapat memeriksa sendiri sejauh mana kesehatan baterai ponsel mereka.Sayangnya, Android tidak menyediakan cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai mereka. Namun, Android memberikan beberapa informasi dasar mengenai baterai di dalam pengaturan, sebagaimana dikutip dari Makeuseof, Selasa (18/2/2020).


Untuk melihatnya, Anda hanya perlu mengunjungi Settings> Battery dan tap opsi Battery usage yang ada di menu titik tiga kanan atas. Pada layar Battery usage, Anda akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai di perangkat sejak pengisian penuh terakhir.

 

Tap tombol menu tiga titik dan pilih Show full device usage untuk memasukkan penggunaan dari proses sistem seperti layar dan OS itu sendiri. Meskipun tidak memungkinkan Anda mengelola kesehatan baterai, setidaknya dapat mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai dan membatasi penggunaannya. Pada akhirnya, langkah tersebut akan membuat baterai Anda pada kapasitas yang kuat lebih lama.

 

Terlepas cara di atas, Anda dapat memeriksa kesehatan baterai menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang dapat dipakai adalah AccuBattery.Setelah penyiapan awal, Anda dapat menelusuri tab AccuBattery. Tapi, tab tersebut tidak memiliki banyak informasi di dalamnya. Karena sifat aplikasinya, Anda harus membiarkannya tetap terpasang dan menggunakan smartphone seperti biasanya selama beberapa saat sebelum mulai mendapatkan informasi yang berguna.

 

Jadi, untuk memulai, Anda harus berusaha mencabut kabel ponsel saat sudah mulai mencapai 80 persen. AccuBattery menyertakan alarm yang akan mengingatkan Anda pada tingkat pengisian daya ini.Jika Anda ingin menyesuaikannya, kunjungi tab Charging dan drag blue slider ke tingkat yang berbeda. Saat ponsel terhubung, tab ini juga akan menampilkan informasi mengenai seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya.Seiring waktu karena menjadi lebih akurat, aplikasi akan membantu Anda memperkirakan seberapa lama smartpjone perlu untuk diisi daya. Pada tab Discharging, Anda akan menemukan informasi yang terkait dengan bagaimana smartphone menggunakan daya.Aplikasi menunjukkan berapa banyak baterai yang digunakan saat layar Anda hidup dan mati atau tidur. Di bawah App usage access, pastikan untuk memberikan izin aplikasi mengakses data penggunaan. Ini memberikan Anda lebih banyak wawasan mengenai aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai ponsel.

 

Saat aplikasi mempelajari cara pengguna memakai smartphone-nya, Anda akan melihat perkiraan waktu untuk berapa lama baterai akan bertahan pada tingkat pengisian daya saat ini. Lalu bagaimana untuk memeriksa kesehatan baterai?

 

Tab Health akan menunjukkan kesehatan baterai dengan membandingkan perkiraan kapasitas dengan designed capasity dari pabrik. Ini memungkinkan Anda untuk melihat seberapa banyak energi yang dimiliki baterai pada pengisin penuh dibandingkan bagaimana baterai itu dalam keadaan baru.

 

Guna mendapatkan wawasan lebih lanjut, Anda dapat memeriksa bagan Battery wear. Bagan menunjukkan seberapa banyak ketegangan yang Anda lakukan pada baterai per hari sehingga dapat membuat perubahan saat diperlukan. Untuk melihat statistik hari-hari sebelumnya, pergilah ke History tab.

 

Artikel Lainnya
Cara memeriksa kesehatan baterai di smartphone android

Konsol PlayStation 5 besutan Sony akan memiliki sebuah fitur bernama backward compatibility. Fitur tersebut memungkinkan ...

Selengkapnya
Cara memeriksa kesehatan baterai di smartphone android

Meskipun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menggelar gerakan literasi digital untuk mengedukasi mas ...

Selengkapnya
Cara memeriksa kesehatan baterai di smartphone android

Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. ...

Selengkapnya